Text
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Cisaat
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Cisaat serta solusi untuk mengatasi kesalahan siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat dilakasanakannya penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Cisaat. Penelitian ini mengambil subjek penelitian sebanyak empat orang siswa dengan teknik pengambilan subjek secara purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah data dianalisis kemudian divalidasi keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan hasil dari jawaban siswa pada soal tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini adalah jenis kesalahan konsep yang dilakukan subjek penelitian pada kesalahan konsep mencapai 32,26%. Kemudian jenis kesalahan prosedur adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh subjek penelitian, kesalahan prosedur mencapai 48.39%. Serta jenis kesalahan dalam menggunakan operasi atau perhitungan sebanyak 19,35%. Solusi untuk mengatasi kesalahan siswa yang meliputi 1) kesalahan konsep yaitu dengan cara guru menjelaskan dan memastikan siswa benar-benar paham mengenai konsep yang ada pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Guru membiasakan siswa mengerjakan soal-soal latihan yang beragam dan bervariasi tentang materi sistem persamaan linear tiga variabel, kemudian dibahas bersama agar pemahaman subjek penelitian dapat lebih baik lagi. 2) kesalahan prosedur yaitu dengan cara guru membimbing dan melatih keterampilan, ketelitian dan membiasakan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan cara yang teratur, sistematis dengan memberikan soal-soal latihan yang beragam. 3) kesalahan operasi yaitu dengan cara sering mengerjakan soal-soal latihan yang beragam, sehingga akan membuat siswa terbiasa menentukan rumus atau teorema atau definisi, menggunakan rumus atau teorema atau definisi, memasukkan angka-angka kedalam rumus atau teorema atau definisi yang tepat, dan melakukan operasi perhitungan yang tepat
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Kesalahan Siswa.
Tidak tersedia versi lain