Text
Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Peserta Didik
ABSTRAK
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGI TIGA
Merina, NIM: 1431411010,
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi , 2018.
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa SMPN 2 Cibadak yang masih rendah. Ini dapat dilihat dari nilai peserta didik yang berada dibawah KKM sebesar 40%. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan Pendekatan Saintifik, 2) mengetahui perbandingan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan Pendekatan Saintifik, dan 3) mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pemahaman konsep dan penalaran matematis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dua sampel independen dan uji korelasi dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasi perhitungan analisis data diperoleh untuk data kemampuan pemahaman konsep nilai thitung = 2,868 dengan sedangkan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel. Sedangkan untuk kemampuan penalaran matematis nilai thitung = 2,222 dengan sedangkan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel. Kemudian, untuk korelasi antara pemahaman konsep dan penalaran matematis diperoleh nilai thitung = 5,836 dengan sedangkan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik, kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik, dan terdapat hubungan antara pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa.
Kata kunci : Pendidikan Matematika Realistik, Pemahaman Konsep, Penalaran Matematis
Tidak tersedia versi lain