Text
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Langkah Ideal Problem Solving
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA BERDASARKAN LANGKAH IDEAL PROBLEM SOLVING
Fitri Indriyani
1431411022
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel kelas VII SMP berdasarkan langkah IDEAL problem solving. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Sukabumi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 3 orang yang terpilih yaitu S14, S9 dan S21. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Soal yang diteskan sebelumnya telah divalidasi oleh 3 validator dan telah diuji cobakan. Soal untuk penelitian ini sebanyak 4 soal yang terdiri dari 2 soal persamaan dan 2 soal pertidaksamaan. Kemudian jawaban ketiga subjek dianalisis dan ketiga subjek diwawancarai dengan teknik wawacara semi terstruktur dimaksudkan agar Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan hasil tes dengan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek berkemampuan tinggi dapat melewati semua langkah pemecahan pada semua soal. Hanya terkendala dalam langkah melaksanakan strategi yaitu melakukan kesalahan dalam operasi hitung serta kesalahan dalam menggunakan simbol matematika. Subjek berkemampuan sedang dapat mengidentifikasi masalah dengan baik pada semua nomor, dapat mendefinisikan tujuan dengan baik pada semua soal, hanya memiliki strategi yang tepat pada nomor 2 saja, tidak terdapat kesalahan operasi hitung dalam melaksanakan strategi hanya saja terdapat kesalahan dalam penggunaan simbol matematika, subjek mengecek untuk nomor 2 saja serta mampu membuat simpulan sesuai tujuan masalah. Subjek berkemampuan rendah dapat mengidentifikasi masalah dengan baik pada nomor 2,3 dan 4. Subjek S21 memahami tujuan masalah. Subjek S21 tidak melakukan langkah menggali strategi, melaksanakan strategi dan mengkaji kembali.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Masalah, IDEAL
Tidak tersedia versi lain