KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif
Penanda Bagikan

Text

Analisis Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif

Rina Rosdiana - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan proses berpikir siswa,
berdasarkan gaya kognitif Field Independence dan Field Dependence, dalam
memecahkan masalah aljabar, sehingga diklasifikasikan dalam penelit ian
kualitatif. Penentuan subjek penelitian berdasarkan teknik Purposive Sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pemecahan masalah aljabar,
dan wawancara dengan subjek penelitian setelah menyelesaikan tes pemecahan
masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki
gaya kognitif Field Independence dapat dikatakan hampir mampu menyelesaikan
soal tersebut dan memenuhi tahapan-tahapan proses berpikir Mason. Pada fase
entry mencakup aspek know, want dan introduce, fase attack mencakup aspek try
maybe dan why dan pada fase review hanya mencakup aspek check, dan reflect,
sedangkan pada subjek kedua hanya mampu mencapai fase entry yang mencakup
aspek know, want dan introduce dan fase attack hanya mencakup aspek try saja
yang kemudian tidak melakukan fase review. Pada siswa yang memiliki gaya
kognitif Field Dependence subjek cenderung hanya mampu mencapai fase entry
yang mencakup aspek know, want dan introduce dan fase attack hanya mencakup
aspek try saja, sedangkan pada subjek kedua fase entry yang mencakup aspek
know dan want kemudian subjek melakukan fase attack hanya pada salah satu soal
pemecahan masalah dan selebihnya tidak melakukan fase selanjutnya baik fase
attack maupun fase review.
Kata Kunci : Gaya Kognitif, Proses Berpikir Matematika, Pemecahan Masalah


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Matematika) H1C 59 RIN a 2018
KTI0004391
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1C 59 RIN a 2018
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2018
Deskripsi Fisik
xv+155 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Nur Agustiani, S.Pd., M.SI. ; Pemimbing II : Novi Andri Nurcahyono, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?