Text
Analisis Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan proses berpikir siswa,
berdasarkan gaya kognitif Field Independence dan Field Dependence, dalam
memecahkan masalah aljabar, sehingga diklasifikasikan dalam penelit ian
kualitatif. Penentuan subjek penelitian berdasarkan teknik Purposive Sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pemecahan masalah aljabar,
dan wawancara dengan subjek penelitian setelah menyelesaikan tes pemecahan
masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki
gaya kognitif Field Independence dapat dikatakan hampir mampu menyelesaikan
soal tersebut dan memenuhi tahapan-tahapan proses berpikir Mason. Pada fase
entry mencakup aspek know, want dan introduce, fase attack mencakup aspek try
maybe dan why dan pada fase review hanya mencakup aspek check, dan reflect,
sedangkan pada subjek kedua hanya mampu mencapai fase entry yang mencakup
aspek know, want dan introduce dan fase attack hanya mencakup aspek try saja
yang kemudian tidak melakukan fase review. Pada siswa yang memiliki gaya
kognitif Field Dependence subjek cenderung hanya mampu mencapai fase entry
yang mencakup aspek know, want dan introduce dan fase attack hanya mencakup
aspek try saja, sedangkan pada subjek kedua fase entry yang mencakup aspek
know dan want kemudian subjek melakukan fase attack hanya pada salah satu soal
pemecahan masalah dan selebihnya tidak melakukan fase selanjutnya baik fase
attack maupun fase review.
Kata Kunci : Gaya Kognitif, Proses Berpikir Matematika, Pemecahan Masalah
Tidak tersedia versi lain