Text
Implementasi Model Pembelajaran Savi Berbantuan Wingeom terhadap Kemampuan Visualisasi Spasial
ABSTRAK
Siti Utami Octaviani (1431411033). Implementasi Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Wingeom terhadap Kemampuan Visualisasi Spasial. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. 2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan visualisasi spasial peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan wingeom, model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelompok VIII SMP IT Insan Mandiri Kota Sukabumi tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 134 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelompok VIII A berjumlah 29 peserta didik sebagai kelompok eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan wingeom, kelompok VIII B berjumlah 30 peserta didik sebagai kelompok eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran SAVI dan kelompok VIII D berjumlah 32 peserta didik sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan visualisasi spasial, lembar observasi dan pedoman wawancara. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji anava satu jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% melalui bantuan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan visualisasi spasial peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan wingeom tidak lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SAVI, 2) kemampuan visualisasi spasial peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan wingeom lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung, 3) kemampuan visualisasi spasial peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SAVI lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Kemampuan visualisasi geometri spasial, SAVI, Wingeom.
Tidak tersedia versi lain