Text
Eksperimentasi Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran discovery learning dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini kuantitatif berupa eksperimen semu dengan desain posstest only control. Populasi dalam penelitian ini adalah seruluh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kadudampit tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 428 peserta didik. Insrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis, angket motivasi belajar dan lembar observasi. Teknik Analisis penelitian ini adalah uji anava dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang menggunakan model discovery learning dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung; (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang menggunakan model discovery learning dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung ditinjau dari tingkatan motivasi belajar; (4) Pada model discovery learning kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari peserta didik yang memiliki motivasi rendah; (5) Pada model pembelajaran langsung kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari peserta didik yang memiliki motivasi rendah; (6) Pada motivasi belajar tinggi, kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model discovery learning sama baiknya dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung; (7)Pada motivasi belajar rendah, kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model discovery learning sama baiknya dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning, Motivasi Belajar
Tidak tersedia versi lain