Text
Keefektivan Model Pembelajaran Arias Berbasis Budaya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS BUDAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Anita Mawarni
1431411011
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivan dari pembelajaran serta membandingkan antara menggunakan model pembelajaran ARIAS berbasis budaya, model pembelajaran ARIAS dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Kota Sukabumi tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 350 orang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan desain berupa pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel berupa cluster random sampling. Terpilih kelas VII H sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 35 siswa, kelas VII C kelas eksperimen 2 sebanyak 35 siswa dan kelas VII D kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan instrument non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, dan observasi. Uji instrument menggunakan uji anava satu jalan dengan sel sama sedangkan untuk uji lanjut pasca anava satu jalan dengan sel sama menggunakan taraf signifikansi = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbasis budaya lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran ARIAS; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbasis budaya lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran langsung dan (3) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : ARIAS Berbasis Budaya, ARIAS, Kemampuan pemecahan masalah.
Tidak tersedia versi lain