Text
Profil Cara Berpikir Suprarasional Peserta Didik Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika MAN 2 Kota Sukabumi
ABSTRAK
Profil cara berpikir suprarasional peserta didik yang dilihat dari prestasi belajar matematika. Dengan membagi tiga subjek, yaitu peserta didik yang memiliki prestasi dalam bidang matematika, peserta didik yang tidak memiliki prestasi dibidang matematika akan tetapi memiliki nilai matematika diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan peserta didik yang tidak memiliki prestasi serta nilai matematika di bawah KKM. Untuk penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif, dengan mengambil tiga orang sebagai subjek dan digunakan teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling purposive. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi lingkungan dan wawancara. Setelah dilakukan penelitian maka data akan dianalisis menggunakan teknik triangulasi data. Setelah melakukan pengolahan data maka didapatkan profil cara berpikir suprarasional dari ketiga subjek yang memiliki prestasi berbeda dibidang matematika.
Kata kunci: Cara Berpikir, Suprarasional, Prestasi Belajar, Matematika
Tidak tersedia versi lain