Text
Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskemas Lembursitu Kota Sukabumi
ABSTRAK
Judul penelitian ini adalah “Analisis kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Lembursitu Kota Sukabumi” penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Lembursitu Kota Sukabumi. Penomena masalah di Puskesmas Lembursitu yaitu kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya sumberdaya manusia, kurangnya sosialisasi mengenai standar pelayanan, adanya sikap diskriminatif dari petugas pemberi pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan pelayanan.
Teori yang dipilih adalah teori yang dikemukakan oleh Zeithaml dkk yaitu mengenai dimensi kualitas pelayanan dengan 5 dimensi, yakni (1) Berwujud (Tangible) (2) Kehandalan (Reliability)(3)Ketanggapan (Resvonsiveness)(4) Jaminan (Assurance)dan (5) empati (Empathy). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan berjumlah 5 orang, menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling . Prosedur pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan analisis data menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Lembursitu Kota Sukabumi belum maksimal karena masih kurangnya sarana prasana, kurangnya SDM, kurangnya sosialisasi menegenai standar pelayanan, serta kurang baiknya sikap petugas. Saran yang peneliti berikan yaitu lebih diperhatikannya sarana prasarana, SDM, standar pelayanan dan sikap petugas.
Kata Kunci : Analisis, Kualitas, Pelayanan, Puskesmas
Tidak tersedia versi lain