Text
Pengaruh Koordinasi Internal Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
ABSTRAK
Judul penelitian ini adalah pengaruh koordinasi internal terhadap kinerja pegawai di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan hasil obeservasi awal yang peneliti lakukan bahwa kinerja pegawai di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi belum optimal, hal ini disebabkan karena kurangnya koordinasi internal yang dilakukan oleh pegawai.
Penelitian ini menggunakan teori koordinasi internal dari Arifin dan Muhammad yang meliputi dimensi prinsip kontak langsung, penekananan koordinasi, timbal balik. Dan teori kinerja pegawai dari Mitchell ( dalam Sedarmayanti) yang meliputi dimensi kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan dan komunikasi.
Metode penelitian yang digunanakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan tingkat eksplansinya yaitu kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah insidental sampling , ada pun anggota populasinya adalah 119 pegawai dengan sampel 55 pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi.
Bedasakan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa koordinasi internal berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, sejalan dengan hasil analisis secara kuantitatif yaitu hasil koefisien determinasi sebesar 54,3% serta keunggulan variabel x terdapat pada dimensi penekanan koordinasi tepatnya pada indikator kesatuan arah dalam perintah sedangkan dimensi terendah terdapat pada dimensi timbal balik dengan indikator ketaatan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan dan keunggulan pada variabel y terdapat pada dimensi kualitas kerja tepatnya pada indikator ketelitian dalam menyelesaikan tugas sedangkan dimensi terendah terdapat pada dimensi komunikasi dengan indikator tersedianya jaringan internet.
Saran yang diajukan peneliti perlu ditingkatakan kembali kedisiplinan serta rasa tanggungjawab pegawai dalam menjalankan tugasnya dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi harus lebih memaksimalkan sarana dan prasarana kantor khususnya jaringan internet agar komunikasi bisa berjalan lebih efektif.
Kata kunci: Koordinasi Internal, Kinerja Pegawai, Dinas Pekerjaan Umum
Tidak tersedia versi lain