Text
Peningkatan keterampilan Berbicara Jenis Melaporkan Melalui Model Number Head Together (NHT) di Kelas Tinggi
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA JENIS MELAPORKAN MELALUI MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS TINGGI
Oleh
Ulfah Dwi Yulpana
1431611037
Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Email : Ulfahdwiyulpana14@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara jenis melaporkan melalui model Number Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Dewi Sartika CBM kota Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain model siklus Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-C SDN Dewi Sartika CBM yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang dilengkapi dengan pengumpulan data berupa lembar observasi, hasil tes, hasil dokumentasi dan catatan lapangan. Penerapan dari model Number Head Together (NHT) yaitu (1) persiapan (2) penomoran (3) mengajukan pertanyaan (4) berfikir bersama (5) menjawab pertanyaan dan (6) kesimpulan. Hasil penelitian pada pretest siswa memperoleh ketuntasan klasikal 17% (5 siswa), meningkat pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 60% (18 siswa) dan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 93% (28 siswa). Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penerapan model Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan berbicara jenis melaporkan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV-C SDN Dewi Sartika CBM tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Keterampilan berbicara jenis melaporkan, model number head together (nht), siswa kelas tinggi.
Tidak tersedia versi lain