Text
Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Sains di Kelas Tinggi
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS DI KELAS TINGGI
By : Migga Furry
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses dasar sains siswa kelas tinggi yang terlihat pada hasil nilai ulangan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil peningkatan keterampilan proses dasar sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model siklus milik Kemmis dan Taggaert. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang dilengkapi dengan penggunan alat pengumpulan data berupa hasil tes, pretes, posttest, angket, lembar observasi, dan catatan lapangan. Pembelajaran menggunakan metode Eksperimen menunjukan proses yang baik dan respon yang positif dengan rasa antusias dalam mengisi Lembar kerja Siswa. Hasil penelitian menunjukan proses menggunakan metode Eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses dasar sains. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dipeoleh hasil pretest siswa dengan persentase 32% (13 orang) meningkat pada siklus I dengan persentase 52% (21 orang) dan pada siklus II mencapai peningkatan 95% (38 orang). Hasil temuan ini direkomendasikan kepada guru untuk menerapkan metode Eksperimen dalam meningkatkan keterampilan proses dasar sains siswa kelas tinggi.
Kata kunci : Metode Eksperimen, Keterampilan Proses Dasar Sains, siswa kelas tinggi
Tidak tersedia versi lain