Text
Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Sekolah Dasar
ABSTRAK
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SEKOLAH DASAR
Oleh Dwi Agustie Khaerunnisa 1431611009
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas V-A pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model problem based learning dalam mata pelajaran IPA, mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui model problem based learning dalam mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilengkapi dengan pengumpulan data berupa hasil tes keterampilan berpikir kritis mata pelajaran IPA, hasil lembar observasi, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas Va di SD Negeri Pintukisi sebanyak 27 orang yang terdiri dari 12 perempuan dan 15 laki-laki. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 33% dari tingkat ketuntasan 26% pada pretest menjadi 59% pada tindakan siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 34% menjadi 93%.
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis.
Tidak tersedia versi lain