KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Sekolah Dasar
Penanda Bagikan

Text

Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Sekolah Dasar

Dwi Agustie Kaerunnisa - Nama Orang;

ABSTRAK
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SEKOLAH DASAR
Oleh Dwi Agustie Khaerunnisa 1431611009
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas V-A pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model problem based learning dalam mata pelajaran IPA, mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui model problem based learning dalam mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilengkapi dengan pengumpulan data berupa hasil tes keterampilan berpikir kritis mata pelajaran IPA, hasil lembar observasi, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas Va di SD Negeri Pintukisi sebanyak 27 orang yang terdiri dari 12 perempuan dan 15 laki-laki. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 33% dari tingkat ketuntasan 26% pada pretest menjadi 59% pada tindakan siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 34% menjadi 93%.
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis.


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) H1F 25 DWI p 2018
KTI0004492
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 25 DWI p 2018
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2018
Deskripsi Fisik
xii+67 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemampuan Berpikir Kritis
Problem Based Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Din Azwar Uswatun, M.Pd. ; Pembimbing II : Aep Munajat, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?