Text
Analisis Kemampuan Generik Siswa Melalui Kegiatan Praktikum Zat Aditif pada Makanan (Penelitian Deskriptif pada Kelas VIII di MTs Jamiyyatul Muta'alimin)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan generik siswa yang muncul dalam pembelajaran praktikum pada materi Zat Aditif Pada Makanan. Penelitian ini dilakukan di Mts Jamiyyatul Muta’allimin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian 24 siswa kelas VIII.B. Data penelitian diperoleh dari tes essay, lembar observasi, dan angket. Pada penelitian ini pencapaian keterampilan generik siswa difokuskan pada lima aspek keterampilan generik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian keterampilan generik, yaitu pengamatan langsung 65,56% (cukup), pengamatan tidak langsung 53,18% (kurang sekali), sebab akibat 49% (kurang sekali), pemodelan 62,07% (cukup), dan inferensi 50,50% (kurang sekali). Secara umum penguasaan kemampuan generik siswa Mts sebesar 56,10% termasuk ke dalam kategori kurang.
Kata kunci: Keterampilan generik, Praktikum, Zat Aditif Pada Makanan
Tidak tersedia versi lain