Text
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Siswa Sekolah Dasar
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang terlihat dari hasil ulangan harian siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan hasil peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yang dilengkapi dengan penggunaan alat pengumpulan data berupa hasil tes dan lembar observasi. Proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning memberikan pengaruh yang baik terhadap pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan jika penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata tes pemahaman konsep siswa pada pra tindakkan yaitu 59,00 menjadi 62,72 pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 3,72 pada pemahaman konsep dengan ketuntasan klasikal sebesar 59%. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada siklus I yaitu 62,72 menjadi 75,90 pada siklus II, sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,18 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82%.
Kata kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Siswa Sekolah Dasar
Tidak tersedia versi lain