KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Siswa Sekolah Dasar
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Siswa Sekolah Dasar

Ratnasari - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang terlihat dari hasil ulangan harian siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan hasil peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yang dilengkapi dengan penggunaan alat pengumpulan data berupa hasil tes dan lembar observasi. Proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning memberikan pengaruh yang baik terhadap pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan jika penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata tes pemahaman konsep siswa pada pra tindakkan yaitu 59,00 menjadi 62,72 pada siklus I, sehingga mengalami peningkatan sebesar 3,72 pada pemahaman konsep dengan ketuntasan klasikal sebesar 59%. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada siklus I yaitu 62,72 menjadi 75,90 pada siklus II, sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,18 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82%.
Kata kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Siswa Sekolah Dasar


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 34 RAT p 2018
KTI0004550
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 34 RAT p 2018
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2018
Deskripsi Fisik
xiii+83 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Pembelajaran
Discovery Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I : Aditia Eska Wardana, M.Pd. ; Pembimbing II : Luthfi Hamdani Maula, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?