Text
Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Menggunakan Contextual Teaching and Learning, Think Talk Write dan Pembelajaran Langsung
ABSTRAK
Sri Handayani : Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Menggunakan Contextual Teaching and Learning, Think Talk Write, dan Pembelajaran Langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara Contextual Teaching and Learning, Think Talk Write, dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 13 Kota Sukabumi tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas, dengan jumlah siswa 271 orang. Sampel dipilih secara cluster random sampling dan diperoleh kelas VII B, VII C, dan VII F. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis, sedangkan pengolahan data penelitian menggunakan uji Anava satu jalur dan uji lanjut pasca Anava (Scheffe’) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan Anava disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan Contextual Teaching and Learning, Think Talk Write, dan pembelajaran langsung. Pada uji lanjut pasca Anava, diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan Contextual Teaching and Learning, Think Talk Write dan pembelajaran langsung. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan Contextual Teaching and Learning lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan Think Talk Write. 3) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan Contextual Teaching and Learning lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 4) Kemampuan komunikasi matematis yang belajar menggunakan Think Talk Write tidak lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Think Talk Write, dan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Tidak tersedia versi lain