Text
Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Penggunaan Media Berbasis Audio-Visual pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV-A SDN 01 SELABINTANA Kab. Sukabumi)
Ambarwati1, Andi Nurochmah2, Dyah Lyesmaya3
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Email : ambarwati270197@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV-A pada pembelajaran Bahasa Indonesia, disebabkan pembelajaran masih belum menggunakan media. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media berbasis audio-visual, dan mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Hopkins sebanyak 2 siklus. Alat pengumpul data menggunakan tes, dokumentasi dan lembar observasi serta catatan lapangan. Partisipandalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 26 orang terdiri dari 14 perempuan dan 12 laki-laki. Hasil penelitian pada pretest siswa memperoleh ketuntasan klasikal 19% dengan kategori kurang baik atau 3 orang dari 26 siswa, pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 54% terjadi peningkatan dengan kategori baik atau 14 orang dari 26 siswa, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan secara keseluruhan 100% dengan kategori sangat baik dari 26 orang. Kesimpulannya bahwa dengan penggunaan media berbasis audio-visualdapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada kelas IV-A di SDN 01 Selabintana tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Media berbasis audio-visual, keterampilan menulis deskripsi.
Tidak tersedia versi lain