KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Penggunaan Media Berbasis Audio-Visual pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar
Penanda Bagikan

Text

Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Penggunaan Media Berbasis Audio-Visual pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar

Ambarwati - Nama Orang;

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV-A SDN 01 SELABINTANA Kab. Sukabumi)
Ambarwati1, Andi Nurochmah2, Dyah Lyesmaya3
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Email : ambarwati270197@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV-A pada pembelajaran Bahasa Indonesia, disebabkan pembelajaran masih belum menggunakan media. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media berbasis audio-visual, dan mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Hopkins sebanyak 2 siklus. Alat pengumpul data menggunakan tes, dokumentasi dan lembar observasi serta catatan lapangan. Partisipandalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebanyak 26 orang terdiri dari 14 perempuan dan 12 laki-laki. Hasil penelitian pada pretest siswa memperoleh ketuntasan klasikal 19% dengan kategori kurang baik atau 3 orang dari 26 siswa, pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 54% terjadi peningkatan dengan kategori baik atau 14 orang dari 26 siswa, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan secara keseluruhan 100% dengan kategori sangat baik dari 26 orang. Kesimpulannya bahwa dengan penggunaan media berbasis audio-visualdapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada kelas IV-A di SDN 01 Selabintana tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Media berbasis audio-visual, keterampilan menulis deskripsi.


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 39 AMB m 2018
KTI0004588
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 39 AMB m 2018
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2018
Deskripsi Fisik
xii+85 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372.623
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Audio-visual
Kemampuan menulis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Dr. Andi Nurochmah, M.Pd.; Pembimbing II: Dyah Lyesmaya, S.S., M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?