Text
Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Oleh
Desti Nurhayati
1431611006
Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Email: destinurhayati18@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar pada siswa
kelas V dalam pembelajaran Matematika, dikarenakan kurangnya rasa percaya diri
siswa. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together
(NHT) dan peningkatan keaktifan pembelajaran matematika siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus
yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan sebanyak dua
siklus yang dilengkapi dengan pengumpulan data berupa lembar observasi, hasil tes
dan catatan lapangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak
35 orang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika melalui model
pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Adapun hasil penelitian pada
pretest siswa memperoleh ketuntasan klasikal 29% (10 orang), meningkat pada
siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 57% (20 orang) dan pada siklus II
memperoleh ketuntasan klasikal 97% (34 orang). Penelitian ini menyimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada matapelajaran matematika.
Kata kunci: Keaktifan pembelajaran matematika, Numbered Heads Together
(NHT), Sekolah dasar
Tidak tersedia versi lain