KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Penanda Bagikan

Text

Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Desti Nurhayati - Nama Orang;

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Oleh
Desti Nurhayati
1431611006
Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Email: destinurhayati18@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar pada siswa
kelas V dalam pembelajaran Matematika, dikarenakan kurangnya rasa percaya diri
siswa. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together
(NHT) dan peningkatan keaktifan pembelajaran matematika siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus
yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan sebanyak dua
siklus yang dilengkapi dengan pengumpulan data berupa lembar observasi, hasil tes
dan catatan lapangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak
35 orang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika melalui model
pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Adapun hasil penelitian pada
pretest siswa memperoleh ketuntasan klasikal 29% (10 orang), meningkat pada
siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 57% (20 orang) dan pada siklus II
memperoleh ketuntasan klasikal 97% (34 orang). Penelitian ini menyimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada matapelajaran matematika.
Kata kunci: Keaktifan pembelajaran matematika, Numbered Heads Together
(NHT), Sekolah dasar


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 42 DES p 2018
KTI0004591
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 42 DES p 2018
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2018
Deskripsi Fisik
xii+87 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran Tipe Numbered Head Together
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Astri Sutrisnawati, M.Pd.; Pembimbing II: Iis Nurasiah, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?