Text
Penggunaan Model Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa
PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA
Oleh
Muhammad Iqbal Sutisna
1431611021
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya kecerdasan interpersonal siswa sehingga proses pembelajaran terhambat karena siswa sulit untuk mengorganisasi sebuah kelompok, sulit untuk menjalin hubungan dan berinteraksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Hopkins yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Fokus penelitian ialah 28 orang siswa kelas IV SDN 1 Selabintana Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan implementasi model Role playing sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dasar kecerdasan sosial siswa, (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan dasar kecerdasan sosial siswa setelah penggunaan model Role playing. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan intrumen lembar obserasi siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan model Role playing dalam pembelajaran tematik memiliki nilai 86,52 dengan kategori sangat baik karena semua tahapan model Role playing terpenuhi, (2) Kecerdasan interpersonal siswa meningkat menggunakan metode Role playing dengan peningkatan sebesar 38%, nilai yang diperoleh siswa ialah 75,68 termasuk dalam kategori aktif, dengan capaian seluruh indikator kecerdasan interpersonal siswa meningkat.
Kata Kunci : Model Role playing, Kecerdasan Interpersonal
Tidak tersedia versi lain