KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Model Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa
Penanda Bagikan

Text

Penggunaan Model Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa

Muhammad Iqbal Sutisna - Nama Orang;

PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA
Oleh
Muhammad Iqbal Sutisna
1431611021
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya kecerdasan interpersonal siswa sehingga proses pembelajaran terhambat karena siswa sulit untuk mengorganisasi sebuah kelompok, sulit untuk menjalin hubungan dan berinteraksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Hopkins yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Fokus penelitian ialah 28 orang siswa kelas IV SDN 1 Selabintana Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan implementasi model Role playing sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dasar kecerdasan sosial siswa, (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan dasar kecerdasan sosial siswa setelah penggunaan model Role playing. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan intrumen lembar obserasi siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan model Role playing dalam pembelajaran tematik memiliki nilai 86,52 dengan kategori sangat baik karena semua tahapan model Role playing terpenuhi, (2) Kecerdasan interpersonal siswa meningkat menggunakan metode Role playing dengan peningkatan sebesar 38%, nilai yang diperoleh siswa ialah 75,68 termasuk dalam kategori aktif, dengan capaian seluruh indikator kecerdasan interpersonal siswa meningkat.
Kata Kunci : Model Role playing, Kecerdasan Interpersonal


Ketersediaan
#
GUDANG (PGSD) H1F 49 MUH p 2019
KTI0004598
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Gudang
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 49 MUH p 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
x+89
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Komunikasi Interpersonal
Role-Playing
Metode Pembelajaran Role Playing
Info Detail Spesifik
Warna Tidak Standar
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Dyah Lyesmaya, S.S., M.Pd.; Pembimbing II: Astri Sutisnwati, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?