Text
Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran IPA melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHANWUJUD
BENDA PADA PELAJARAN IPA MELALUI METODE
PEMBELAJARAN EKSPEERIMEN DI SEKOLAH DASAR
Oleh
Hikmah Mutmainnah
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep
pada pembelajaran IPA melalui metode eksperimen siwa kelas rendah. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain
penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart sebanyak 2 siklus.
Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 24 siswa.
Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui test,obervasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian pada pra siklus diperoleh persentase pemahaman konsep secara
klasikal 21%, meningkat pada siklus I memperoleh persentase pemahaman konsep
secara klasikal 55% dan pada siklus II memperoleh persentase pemahaman
konsep secara klasikal 92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan
metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar
IPA siswa pada kelas rendah tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Pemahaman Konsep IPA, Materi
Perubahan Wujud Benda
Tidak tersedia versi lain