Text
Meningkatkan Keterampilan Membaca Instensif melalui Model Coopearative Script di Sekolah Dasar
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI
MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI SEKOLAH DASAR
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunas Harapan
Kabupaten Sukabumi)
Oleh
Siti Shitia Hamdayani
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Email : Sitishintia@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca intensif di
kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dikarenakan kurangnya kemampuan
siswa dalam memahami isi bacaan teks sehinga sulit konsentrasi. Berasarkan
rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
perencaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative
Script dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, mendeskripsian pelaksanaan
keterampilan membaca intensif dengan menggunakan model cooperative script,
mendeskripsikan peningkatan ketarampilan membaca intensif dengan
menggunakan model cooperative script. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), desain penelitian menggunakan model kemmis
dan Taggart sebanyak 2 siklus. Alat pengumpulan data dalam Penelitian ini adalah
tes, observasi dan catatan lapangan serta dokumentasi. Partisipan dalam penelitian
ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 13 siswa lakilaki
dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian pada pretest siswa memperoleh
ketuntasan klasikal termasuk kategori masih kurang 5 siswa (20%), pada siklus I
terjadi peningkatan perolehan ketuntasan klasikal termasuk kategori cukup 10
siswa (58%) dan pada siklus II terjadi peningkatan perolehan ketuntasan klasikal
termasuk kategori sangat baik 21 siswa (87%). Hasil penelitian ini di simpulkan
bahwa perencanan model pembelajaran Cooperative Script dalam pelaksanaan
pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca
intensif kelas V di SDN Tunas Harapan kecamatan Warungkiara tahun ajaran
2018/2019.
Kata Kunci : Keterampilan Membaca Intensif, Model Pembelajaran,
Cooperative Learning.
Tidak tersedia versi lain