Text
Kekuatan Selebgram dalam Meingkatkan Minat Beli Konsumen pada Produk Mode Lokal Mesz_Id di Instragram
ABSTRAK
Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan dan dalam instagram sedang ramai strategi pemasaran yang biasa dikenal dengan endorsement. Produk yang paling sering menggunakan strategi tersebut adalah produk mode, dimana produk mode lokal kini sedang naik seiiring bertambahnya minat masyarakat menggunakan produk mode lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran selebgram dalam meningkatkan minat beli konsumen produk mode lokal Mesz_id di Instagram, serta untuk melihat seberapa besar pengaruh celebrity endorsement pada instagram terhadap minat beli baik secara parsial maupun secara simultan.
Melalui penelitian ini, akan dilakukan pengukuran crelebrity endorsement dengan menggunakan 4 subvariable yaitu visibility, credibility, attraction dan power terhadap variabel minat beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis jalur dan regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 24.
Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa celebrity endorsement dan minat beli konsumen produk mode lokal Mesz_id di Instagram berada pada kategori baik. Besarnya pengaruh celebrity endorsement pada instagram terhadap minat beli konsumen di Instagram oleh Rachel Vennya setelah dilakukan pengujian, secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Total pengaruh sebesar 53,6% sedangkan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Selebgram, Celebrity Endorsement, Minat Beli
Tidak tersedia versi lain