Text
Pengaruh Advance Organizer Berbantuan Proyek terhadap Kecakapan Hidup Generik Siswa SMA pada Materi Sistem Ekskresi Manusia
ABSTRAK
Penelitian ini didasarkan pada masalah kecakapan hidup generik siswa yang
masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model
pembelajaran Advance Organizer berbantuan proyek pada materi sistem ekskresi
manusia di SMAN 3 Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer berbantuan proyek
terhadap kecakapan hidup generik siswa SMAN 3 Sukabumi. Jenis penelitian
yang digunakan quasi-eksperiment dengan Nonequivalent control group design.
Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI8 dan XI5. Instrumen yang
digunakan adalah soal tes, skala sikap, lembar observasi dan angket respon. Hasil
analisis data menunjukkan rata-rata nilai N-gain tes kelas eksperimen sebesar 0,77
dan kelas kontrol sebesar 0,47. Rata-rata skala sikap kelas eksperimen 80 dan
kelas kontrol 83. Rata-rata lembar observasi kelas eksperimen 91 dan kelas
kontrol 73. Respon siswa terhadap materi yang diajarkan 89%, terhadap model
pembelajaran 83% dan terhadap kecakapan hidup generik 84%. Berdasarkan uji
prasyarat data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian
melalui uji hipotesis dengan uji-Z menunjukkan Zhitung=8 > ZTabel=1,96 maka H0
ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Advance
Organizer berbantuan proyek pada materi sistem ekskresi manusia memiliki
pengaruh terhadap kecakapan hidup generik siswa.
Kata kunci: Advanced Organizer berbantuan proyek, kecakapan hidup generik.
Tidak tersedia versi lain