Text
Pengaruh Model Interactive Demonstration terhadap Kemampuan Scientific Investigation Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
Interactive Demonstration terhadap kemampuan Scientific Investigation
siswa SMA pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini
adalah kuasi eksperimen dengan sampel penelitian 2 kelas yang diambil
dari kelas X MA di salah satu Kabupaten Sukabumi. Sampel penelitian
diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu Posttest Only Control Group
Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal
scientific investigation berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 10 butir
yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel, lembar
observasi dan angket. Berdasarkan uji prasyarat diketahui data hasil
penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki kesamaan
varians (homogen). Analisis data sikap ilmiah melalui tes kemampuan
diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 73.81,
sedangkan kelas kontrol adalah 72.08. Hasil dari nilai rata-rata untuk
lembar observasi kelas eksperimen yaitu sebesar 3.57, sedangkan kelas
kontrol adalah 3.32. Berdasarkan hasil pengujian yang tertera pada
output SPSS pada tabel coefficients, diketahui nilai t sebesar 0,542
dengan nilai signifikan sebesar 0,047 (artinya nilai signifikan tersebut <
0,05) berarti H0 ditolak dan Ha diterima. dapat disimpulkan, artinya
terdapat pengaruh yang sangat signifikan penerapan mode pembelajaran
interactive demonstration terhadap kemampuan scientific investigation
Siswa.
Kata kunci: Interactive Demonstration, Scientific Investigation
Tidak tersedia versi lain