Text
Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2018/2019
PENGARUH PENDEKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA
KELAS X SMK NEGERI 3 KOTA SUKABUMI
TAHUN AJARAN 2018/2019
NYOVA FAZRIANI
1531311011
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan membaca siswa setelah menggunakan pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Berdasarkan hasil observasi di SMKN 3 Kota Sukabumi terdapat siswa yang masih memiliki kemampuan berpikir yang rendah terhadap daya tangkap dari hasil membaca. Oleh karena itu pendekatan HOTS menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre experimental design dan model the one group pretest-posttest. Populasi penelitian kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling dan kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu X Jasa Boga I. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal HOTS bahasa Indonesia pilihan ganda sebanyak 20 butir beserta alasan. Berdasarkan uji prasyarat normalitas dan homogenitas bahwa data hasil penelitian berdistribusi tidak normal dan kedua kelas memiliki varians yang homogen. Diketahui analisis data distribusi prates diperoleh hasil Mean 56.17 sedangkan pascates setelah diberikan stimulus atau perlakuan dengan pendekatan HOTS diperoleh hasil Mean 72.06, maka terdapat peningkatan nilai hasil belajar pascates setelah dilalukan stimulus dengan menerapkan pendekatan HOTS pada pembelajaran. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dalam Uji-t diperoleh thitung > ttabel (13.69 > 2.042) dan uji Wilcoxon Sign rank yang menghasilkan nilai (asym.sig. (2-tailed)) adalah 0.000 < 0.05 maka hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar pada kemampuan berpikir siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap keterampilan membaca siswa.
Kata kunci: Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS), Keterampilan Membaca
Tidak tersedia versi lain