Text
Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis-jenis
kesulitan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Sukabumi pada materi persamaan
garis singgung persekutuan dalam dan luar dua lingkaran. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Tempat dilakasanakannya penelitian ini adalah di SMP Negeri 4 Kota Sukabumi.
Penelitian ini mengambil subjek penelitian sebanyak tiga orang siswa dengan
teknik pengambilan subjek secara purposive sampling. Teknik analisis data yang
dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Triangulasi. Setelah data
dianalisis kemudian divalidasi keabsahan datanya dengan menggunakan
triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan hasil dari jawaban siswa pada
soal tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan
mengacu pada rumusan masalah dapat disimpulkan bahwa: Kesulitan yang
dialami siswa dalam mengerjakan soal matematika pada sub bab persamaan garis
singgung persekutuan dalam dan luar dua lingkaran yaitu siswa dengan tingkat
motivasi rendah, siswa mengalami kesulitan konsep dan kesulitan prinsip yang
diakibatkan siswa belum benar-benar paham terhadap materi, untuk siswa dengan
tingkat motivasi sedang, siswa mengalami kesulitan prinsip dan kesulitan operasi
aljabar yang diakibatkan karena kekeliruan yang dilakukuan oleh siswa dan untuk
siswa dengan tingkat motivasi tinggi siswa mengalami kesulitan konsep dan
kesulitan prinsip yang dilakukan karena kekeliruan dalam mengikuti prosedur
pada lembar soal.
Kata Kunci : Analisis Kesulitan, Kesulitan Siswa, Materi Persamaan Garis
Singgung Persekutuan Dalam dan Luar Dua Lingkaran.
Tidak tersedia versi lain