Text
Eksperimentasi Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Berbantuan Media Mathpoly terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP (Eksperimentasi di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sukabumi)
Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan suatu kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan gagasan tentang simbol, tabel, diagram atau media untuk mengungkapkan pemikiran terhadap materi baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi Experimental Design. Desain penelitian ini adalah Nonquivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Sukabumi dengan teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling dan terpilih tiga kelompok sampel yang berjumlah 111 siswa. Kemampuan awal komunikasi matematis siswa diperoleh data nilai ulangan tengah semester genap (UTS) dan setelah diberikan perlakuan pada setiap kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan test uraian post-test kemampuan komunikasi matematis sebanyak 5 soal. Data di analisis menggunakan uji anava satu jalan sel sama dengan uji lanjut pasca anava menggunakan uji Scheffe dengan taraf signifikansi (α) = 5%.
Hasil analisis data uji anava satu jalan sel sama untuk nilai post-test menunjukan terdapat perbedan antara ketiga model. Uji pasca anava menunjukan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan media Mathpoly lebih baik daripada model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS), model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan media Mathpoly lebih baik daripada model pembelajaran langsung dan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) lebih baik daripada model pembelajaran langsung. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan media Mathpoly lebih baik daripada model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: ARCS, Mathpoly, Kemampuan Komunikasi Matematis
Tidak tersedia versi lain