Text
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Trigonometri di MA Plus Cendikia
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi
analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation) dan evaluasi (evaluation). Penelitian bertujuan untuk
menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi trogonometri.
Kualitas media yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek, yakni validitas,
kepraktisan dan keefektivan.
Penilaian validitas multimedia pembelajaran interaktif dilakukan oleh ahli
media dan ahli materi, hasil menunjukan bahwa media yang dikembangkan valid
dengan nilai 73,5 % dan memenuhi kriteria layak digunakan. Hasil analisis angket
respon guru dan respon siswa menunjukan media yang digunakan dikatakan
praktis dengan persentase keidealan masing masing 78,67% dan 77,59% serta
skor 3,93 dan 3,88 yang menunjukan multimedia pembelajaran interaktif praktis
untuk digunakan. Serta dengan penggunaan multimedia interaktif dalam
pembelajaran efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan
hasil analisis mean 8,889 lebih besar dari 1,699 serta 76,7% siswa
mampu mencapai nilai KKM.
Kata kunci : multimedia pembelajaran interaktif, pemahaman konsep matematika
Tidak tersedia versi lain