Text
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Taksonomi Solo
Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan level taksonomi SOLO pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok. Subjek penelitian ini dilakukan pada kelas VIII C SMP Al-Isma’iliyah pada tahun ajar 2018/2019 sebanyak 28 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen tes dalam penelitian ini berbentuk soal uraian (essay) sebanyak 3 soal untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan level taksonomi SOLO. Instrumen tes sebelumnya telah divalidasi terlebih dahulu oleh 3 validator dan sudah di uji cobakan. Pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan diantaranya reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. validasi data digunakan dengan cara triangulasi data yaitu menggabungkan dari hasil tes pemecahan masalah dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil tes dan wawancara subjek dengan kemampuan tinggi mencapai tahap mengecek kembali dengan presentase 100%. Subjek dengan kemampuan sedang mencapai langkah menyelesaikan masalah dengan presentase 50%. Subjek dengan kemampuan rendah mencapai langkah merencanakan strategi penyelesaian sesuai dengan pemecahan masalah dengan presentase 41.67%. Sedangkan pada kemampuan pemecahan masalah berdasarkan taksonomi SOLO, kemampuan tinggi mencapai level extended abstrak dengan presentase 100%. Subjek dengan kemampuan sedang mencapai level relasional dengan presentase 66.67%. Subjek kemampuan rendah mencapai level multistruktural dengan presentase 41.67%.
Kata Kunci : langkah polya, taksonomi SOLO, kemampuan pemecahan masalah.
Tidak tersedia versi lain