Text
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan (treatment) dari objek yang diteliti. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design dengan populasi penelitian 2 kelas yang diambil dari kelas VIII SMP di salah satu kota sukabumi. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen test dan non test berupa soal uraian dan dokumentasi. Berdasarkan uji prasyarat data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal maka, dilakukan uji lanjutan yaitu uji t dua sampel independen. Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ini dibuktikan dengan uji t dua sampel independen maka penelitian ini menolak H0 dan menerima H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siwa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Terjadi peningkatan hasil belajar pada kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar.
Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, Model pembelajaran problem based learning
Tidak tersedia versi lain