Text
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sitem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Taksonomi SOLO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa, faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, dan solusi yang tepat untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan Taksonomi Solo. Penelitian ini dilakukan di SMP Plus Madinah Tunnajah pada kelas VIII. Metode penelitian yang dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pemilian subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa dengan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dengan cara tes dan wawancara untuk selanjutnya dilakukan triangulasi. Jenis kesalahan dalam penelitian ini adalah kesalahan konsep, kesalahan prosedural, dan kesalahan operasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh data level Prastruktural sebesar 41,67%, level unistruktural sebesar 8,33%, level multistruktural sebesar 8,33%, level relational sebesar 0%, dan level ekstended abstract sebesar 50%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah siswa ceroboh dan terburu-buru dalam menjawab soal, siswa tidak mengetahui maksud soal, siswa tidak mengetahui langkah pengerjaan dan siswa tidak mengerjakan soal sesuai dengan prosedural yang sesuai. Solusi untuk mengatasi kesalahan tersebut adalah 1) Pada saat pembelajaran guru memastikan siswa benar-benar dapat memahami materi yang diajarkan. 2) Siswa harus lebih teliti lagi dalam menyelesaikan soal. 3) Siswa harus lebih sering diberi soal yang bervariasi agar siswa terbiasa dalam menyelesaikan soal.
kata kunci: Analisis Kesalahan, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Taksonomi Solo
Tidak tersedia versi lain