KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sitem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Taksonomi SOLO
Penanda Bagikan

Text

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sitem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Taksonomi SOLO

M. Rubba Syawaail Robbi - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa, faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, dan solusi yang tepat untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan Taksonomi Solo. Penelitian ini dilakukan di SMP Plus Madinah Tunnajah pada kelas VIII. Metode penelitian yang dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pemilian subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa dengan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dengan cara tes dan wawancara untuk selanjutnya dilakukan triangulasi. Jenis kesalahan dalam penelitian ini adalah kesalahan konsep, kesalahan prosedural, dan kesalahan operasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh data level Prastruktural sebesar 41,67%, level unistruktural sebesar 8,33%, level multistruktural sebesar 8,33%, level relational sebesar 0%, dan level ekstended abstract sebesar 50%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah siswa ceroboh dan terburu-buru dalam menjawab soal, siswa tidak mengetahui maksud soal, siswa tidak mengetahui langkah pengerjaan dan siswa tidak mengerjakan soal sesuai dengan prosedural yang sesuai. Solusi untuk mengatasi kesalahan tersebut adalah 1) Pada saat pembelajaran guru memastikan siswa benar-benar dapat memahami materi yang diajarkan. 2) Siswa harus lebih teliti lagi dalam menyelesaikan soal. 3) Siswa harus lebih sering diberi soal yang bervariasi agar siswa terbiasa dalam menyelesaikan soal.
kata kunci: Analisis Kesalahan, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Taksonomi Solo


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Matematika) H1C 82 MRU a 2019
KTI0004888
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1C 82 MRU a 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
ix+52 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
kemampuan pemecahan masalah matematika;
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Aritsya Imswatama, M.Pd. ; Pembimbing II: Ana Setiana, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?