KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok
Penanda Bagikan

Text

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok

Norma Nur Hikmawati - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi
matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan soal geometri kubus dan balok
pada kelas VIII- B SMP Negeri 9 Sukabumi serta untuk menemukan faktorfaktor
yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan
adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen tes divalidasi oleh tiga ahli dan diuji
coba terlebih dahulu hingga siap digunakan dalam penelitian. Pemberian
tes dilakukan sebanyak tiga kali yang terdiri dari tiga butir soal disetiap
tes untuk memperoleh data yang jenuh mengenai kemampuan komunikasi
matematis tertulis siswa. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara
purposive sampling dengan memilih 2 siswa dari setiap kategori hasil tes
dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Analisis data melalui tiga
langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi telah
memenuhi semua aspek kemampuan komunikasi matematis, yaitu aspek
menulis, menggambar dan ekspresi matematika. Subjek dengan
kemampuan sedang dominan pada aspek menulis dan menggambar namun
belum mengkomunikasikan ide matematis ke dalam ekspresi matematika
dengan pemahaman yang baik. Sedangkan kemampuan komunikasi
matematis siswa dengan kemampuan rendah juga dominan pada dua aspek,
yaitu aspek menulis dan aspek menggambar dan terkategorikan rendah dalam
mengekspresikan ide dan gagasannya ke dalam ekspresi matematika. Faktorfaktor
yang diduga mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis yaitu
proses pembelajaran, sikap dan pemahaman siswa, serta pembiasaan
pemberian latihan soal.
Kata Kunci : Komunikasi matematis, aspek komunikasi
matematis, geometri


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Matematika) H1C 84 NOR a 2019
KTI0004890
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1C 84 NOR a 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
xii+240 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
512.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Matematika
Geometri;
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Novi Andri Nurcahyono, M.Pd. ; Pembimbing II: Pujia Siti Balkist, S.Si., M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?