Text
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi
matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan soal geometri kubus dan balok
pada kelas VIII- B SMP Negeri 9 Sukabumi serta untuk menemukan faktorfaktor
yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan
adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen tes divalidasi oleh tiga ahli dan diuji
coba terlebih dahulu hingga siap digunakan dalam penelitian. Pemberian
tes dilakukan sebanyak tiga kali yang terdiri dari tiga butir soal disetiap
tes untuk memperoleh data yang jenuh mengenai kemampuan komunikasi
matematis tertulis siswa. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara
purposive sampling dengan memilih 2 siswa dari setiap kategori hasil tes
dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Analisis data melalui tiga
langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi telah
memenuhi semua aspek kemampuan komunikasi matematis, yaitu aspek
menulis, menggambar dan ekspresi matematika. Subjek dengan
kemampuan sedang dominan pada aspek menulis dan menggambar namun
belum mengkomunikasikan ide matematis ke dalam ekspresi matematika
dengan pemahaman yang baik. Sedangkan kemampuan komunikasi
matematis siswa dengan kemampuan rendah juga dominan pada dua aspek,
yaitu aspek menulis dan aspek menggambar dan terkategorikan rendah dalam
mengekspresikan ide dan gagasannya ke dalam ekspresi matematika. Faktorfaktor
yang diduga mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis yaitu
proses pembelajaran, sikap dan pemahaman siswa, serta pembiasaan
pemberian latihan soal.
Kata Kunci : Komunikasi matematis, aspek komunikasi
matematis, geometri
Tidak tersedia versi lain