Text
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa serta solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tempat dilaksanakan penelitian ini yaitu di SMK Negeri 3 Kota Sukabumi. Pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Busana Butik SMK Negeri 3 Kota Sukabumi yang terdiri enam orang siswa dengan teknik pengambilan subjek secara purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verivikasi. Setelah data dianalisis kemudian data divalidasi dengan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan observasi, hasil dari jawaban tes diagnostik subjek pada soal tes dan hasil wawancara pada subjek. Hasil yang didapat dari penelitian ini yang dilakukan subjek adalah jenis kesalahan membaca mencapai 3%, jenis kesalahan pemahaman mencapai 27%, jenis kesalahan transformasi mencapai 12%, jenis kesalahan keterampilan mencapai 20%, dan jenis kesalahan yang sering dilakukan subjek adalah jenis kesalahan kesimpulan mencapai 38%. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu kurangnya ketelitian dalam menyelesaikan soal, lupa rumus, kelelahan karena selesai praktikkum, dsb. Alternatif solusi untuk kesalahan siswa yaitu dengan cara sering memberikan soal yang beragam dan bervariasi tentang materi trigonometri, kemudian guru membimbing dan melatih keterampilan siswa dan ketelitian siswa dan dilatih membiasakan siswa dalam menyelesaikan soal secara sistematis, lalu dibahas bersama agar pemahaman subjek penelitan lebih baik lagi, sehingga akan membuat siswa terbiasa menentukan rumus atau konsep dengan tepat.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Teori Newman.
Tidak tersedia versi lain