KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman
Penanda Bagikan

Text

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman

Sindi Maharani Mauji - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa serta solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tempat dilaksanakan penelitian ini yaitu di SMK Negeri 3 Kota Sukabumi. Pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Busana Butik SMK Negeri 3 Kota Sukabumi yang terdiri enam orang siswa dengan teknik pengambilan subjek secara purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verivikasi. Setelah data dianalisis kemudian data divalidasi dengan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan observasi, hasil dari jawaban tes diagnostik subjek pada soal tes dan hasil wawancara pada subjek. Hasil yang didapat dari penelitian ini yang dilakukan subjek adalah jenis kesalahan membaca mencapai 3%, jenis kesalahan pemahaman mencapai 27%, jenis kesalahan transformasi mencapai 12%, jenis kesalahan keterampilan mencapai 20%, dan jenis kesalahan yang sering dilakukan subjek adalah jenis kesalahan kesimpulan mencapai 38%. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu kurangnya ketelitian dalam menyelesaikan soal, lupa rumus, kelelahan karena selesai praktikkum, dsb. Alternatif solusi untuk kesalahan siswa yaitu dengan cara sering memberikan soal yang beragam dan bervariasi tentang materi trigonometri, kemudian guru membimbing dan melatih keterampilan siswa dan ketelitian siswa dan dilatih membiasakan siswa dalam menyelesaikan soal secara sistematis, lalu dibahas bersama agar pemahaman subjek penelitan lebih baik lagi, sehingga akan membuat siswa terbiasa menentukan rumus atau konsep dengan tepat.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Teori Newman.


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Matematika) H1C 85 SIN a 2019
KTI0004891
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1C 85 SIN a 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
x+170 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Soal Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Yanti Mulyanti, M.Pd. ; Novi Andri Nurcahyono, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?