KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo
Penanda Bagikan

Text

Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo

Ermawati - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO, mengetahui faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi siswa berkemampuan pemahaman konsep tingkat rendah dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO dan mendeskripsikan alternatif solusi bagi siswa yang berkemampuan pemahaman konsep tingkat rendah dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs Baiturrahman Kota Sukabumi pada kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Subjek yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan subjek ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika dan mampu mencapai level extended abstract. Siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi sebagian indikator pemahaman konsep matematis dan mampu mencapai level multistructural. Siswa berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi satu indikator pemahaman konsep matematis dan mampu mencapai level unistructural. (2) faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis tingkat rendah yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal siswa diantaranya kurangnya motivasi belajar siswa, kurangnya rasa percaya diri siswa, kurangnya konsentrasi belajar siswa selama pembelajaran, rendahnya pemahaman siswa karena terbiasa menghafal. Sedangkan faktor eksternal siswa diantaranya kurangnya guru dalam penggunaan metode pembelajaran. (3) alternatif solusi bagi siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis tingkat rendah yaitu memberikan motivasi agar siswa giat belajar, menjelaskan manfaat belajar matematika agar siswa terdorong mempelajari matematika, meningkatkan kualitas pembelajaran yang mendorong siswa lebih aktif dalam belajar, siswa harus sering berlatih soal matematika agar siswa mampu memahami setiap langkah penyelesaiannya.
Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, taksonomi SOLO


Ketersediaan
#
My Library (Pendidikan Matematika) H1C 86 ERM a 2019
KTI0004892
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1C 86 ERM a 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
ix+110 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pemahaman Konsep Siswa
Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Yanti Mulyanti, M.Pd. ; Novi Andri Nurcahyono, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?