Text
Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO, mengetahui faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi siswa berkemampuan pemahaman konsep tingkat rendah dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO dan mendeskripsikan alternatif solusi bagi siswa yang berkemampuan pemahaman konsep tingkat rendah dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs Baiturrahman Kota Sukabumi pada kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Subjek yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan subjek ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika dan mampu mencapai level extended abstract. Siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi sebagian indikator pemahaman konsep matematis dan mampu mencapai level multistructural. Siswa berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi satu indikator pemahaman konsep matematis dan mampu mencapai level unistructural. (2) faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis tingkat rendah yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal siswa diantaranya kurangnya motivasi belajar siswa, kurangnya rasa percaya diri siswa, kurangnya konsentrasi belajar siswa selama pembelajaran, rendahnya pemahaman siswa karena terbiasa menghafal. Sedangkan faktor eksternal siswa diantaranya kurangnya guru dalam penggunaan metode pembelajaran. (3) alternatif solusi bagi siswa berkemampuan pemahaman konsep matematis tingkat rendah yaitu memberikan motivasi agar siswa giat belajar, menjelaskan manfaat belajar matematika agar siswa terdorong mempelajari matematika, meningkatkan kualitas pembelajaran yang mendorong siswa lebih aktif dalam belajar, siswa harus sering berlatih soal matematika agar siswa mampu memahami setiap langkah penyelesaiannya.
Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, taksonomi SOLO
Tidak tersedia versi lain