KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SEE) Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Kelas Tinggi
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SEE) Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Kelas Tinggi

Aidah - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Student Facilitator and Explaining (SFE) Berbasis Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan model SFE Berbasis Mind Mapping di kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT Al-Khoiriyah Al-Husna Sukabumi sebanyak 27 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes berupa pretest dan postest. Sedangkan teknik non tes berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian siklus I aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata 78 dan aktivitas siswa 75, siklus II diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru 88 dan aktivitas siswa 84. Pada pra siklus melalui tes indikator kemampuan berpikir kritis, menunjukkan ketuntasan sebesar 7%. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 44%. Sedangkan pada siklus II, menunjukan ketuntasan mencapai 85%. Adapun peningkatan secara keseluruhan dengan perhitungan rumus gain diperoleh skor 0,39 dengan kategori sedang. PTK ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan model SFE Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci: Model Student Facilitator and Explaining (SFE), Mind Mapping, Berpikir Kritis, Siswa Kelas Tinggi.


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 65 AID p 2019
KTI0004896
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 65 AID p 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
xiv+93 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Metode Pembelajaran
Mind Mapping
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Din Azwar Uswatun, M.Pd. ; Pembimbing II: Dr. Andi Nurochmah, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?