Text
Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SEE) Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Kelas Tinggi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Student Facilitator and Explaining (SFE) Berbasis Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan model SFE Berbasis Mind Mapping di kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT Al-Khoiriyah Al-Husna Sukabumi sebanyak 27 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes berupa pretest dan postest. Sedangkan teknik non tes berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian siklus I aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata 78 dan aktivitas siswa 75, siklus II diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru 88 dan aktivitas siswa 84. Pada pra siklus melalui tes indikator kemampuan berpikir kritis, menunjukkan ketuntasan sebesar 7%. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 44%. Sedangkan pada siklus II, menunjukan ketuntasan mencapai 85%. Adapun peningkatan secara keseluruhan dengan perhitungan rumus gain diperoleh skor 0,39 dengan kategori sedang. PTK ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan model SFE Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci: Model Student Facilitator and Explaining (SFE), Mind Mapping, Berpikir Kritis, Siswa Kelas Tinggi.
Tidak tersedia versi lain