Text
Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) terhadap Keterampilan Menulis Puisi di Kelas Tinggi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media scrapbook (buku tempel) terhadap keterampilan menulis puisi di kelas tinggi. Penelitian ini dilakukan di SDN Pakujajar CBM pada kelas IV Semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV.2 dan IV.3 SDN Pakujajar CBM dengan jumlah 68 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Pembelajaran yang dilakukan pada kelas eksperimen menggunakan media scrapbook sedangkan pembelajaran di kelas kontrol tanpa menggunakan media scrapbook. Berdasarkan hasil pretest menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen sebesar 67,17 sedangkan kelas kontrol sebesar 68,73. Selain itu hasil uji t dua sampel independen sebesar 0,126 lebih besar dari nilai sig. 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda atau sama. Selanjutnya rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen menunjukkan hasil sebesar 80,52 sedangkan untuk kelas kontrol nilai posttest yang diperoleh sebesar 70,17. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen diperoleh nilai sig. 0,000. Nilai sig. tersebut lebih kecil dari α = 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media scrapbook (buku tempel) terhadap keterampilan menulis puisi di Kelas Tinggi.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Menulis Puisi, Scrapbook
Tidak tersedia versi lain