Text
Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Tinggi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif
siswa kelas tinggi sekolah dasar melalui penerapan model Sains Teknologi
Masyarakat (STM). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart. Prosedur penelitian memiliki 4 tahap
dalam satu siklus atau biasa disebut dengan siklus yang berulang, komponenkomponen
tersebut mulai dari perencanaan, aksi/tindakan, oservasi, sampai
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru
kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar yang
berjumlah 37 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dan tes. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa keterampilan
berikir kreatif meningkat. Persentase ketuntasan pada prasiklus memperoleh nilai
persentase 5% sedangkan untuk ketuntasan siklus 1 memperoleh nilai persentase
41%. Hal tersebut menunjukan bahwa ketuntasan siswa telah meningkat sebesar
36%. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 51% dengan perolehan nilai
persentase ketuntasan siklus II 92%. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa
model Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan keterampilan
berikir kreatif siswa kelas tinggi sekolah dasar.
Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, Model Sains Teknologi Masyarakat
(STM)
Tidak tersedia versi lain