Text
Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas Tinggi
Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penenerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap motivasi belajar peserta didik dan mendeskripsikan proses pembelajaran peserta didik melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) pada materi gerhana bulan dan gerhana matahari di kelas VI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang dilengkapi dengan pengumpulan data berupa lembar observasi, angket, dan catatan lapangan. Partisipan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI sebanyak 37 orang yang terdiri dari 21 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa pada saat proses pembelajaran meningkat dengan penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan skor pada siklus I skor rata-rata yang diperoleh peserta didik 2.9 dengan kriteria cukup baik, siklus II skor rata-rata yang diperoleh 3.68 dengan kriteria baik. Motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) mengalami peningkatan dari hasil angket yang diperoleh pada siklus I sebesar 67% dengan kategori kuat dan siklus II 88% dengan kategori sangat kuat. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi gerhana bulan dan gerhana matahari.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament), gerhana bulan dan gerhana matahari
Tidak tersedia versi lain