Text
Penerapan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V, dikarenakan kurangnya rasa percaya diri siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS dan mendeskripsikan peningkatan media audio visual pada mata pelajaran IPS. jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis Tagart sebanyak 2 Siklus. Penelitian ini dilengkapi dengan pengumpulan data berupa hasil tes keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPS, hasil dokumentasi, lembr observasi dn catatan lapangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V sebanyak 24 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian pada siklus I siswa memperoleh ketuntasan klasikal 62% (13 orang), meningkat pada siklus II ketuntasan klasikal 87% (21 orang). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan media audio visual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di sekolah dasar pada kelas V SDN Selabintana Wetan Sukabumi rahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Media Audio Visual
Tidak tersedia versi lain