Text
Penerapan Model Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Narasi Ekspositoris di Kelas Tinggi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa kelas VA dalam menyampaikan informasi yang mereka dapatkan pada saat proses pembelajaran, dikarenan kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan informasi ke dalam bentuk tulisan. Pelaksanaan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model NHT serta mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan keterampilan menulis narasi ekspositoris. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang dilengkapi dengan pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi guru serta siswa dan juga dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebanyak 31 orang terdiri dari 19 orang laik-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes. Teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Model NHT untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris berpengaruh baik dan terjadi peningkatan pada setiap tindakan yang dilakukakan. Hasil peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai prasiklus 51,81 dengan ketuntasan klasikal 26% kemudian dilakukan tindakan dengan menerapkan model NHT siklus 1 mendapatkan rata-rata nilai 63,1 dengan ketuntasan klasikal 61% dan meningkat kembali pada tindakan siklus 2 dengan rata-rata nilai 75 dengan ketuntasan klasikal 84%. Hasil keterampilan menulis narasi ekspositoris juga dihitung menggunakan rumus gainskor memperoleh hasil 0,48 dengan kategori sedang.
Kata kunci : keterampilan menulis, model pembelajaran NHT, siswa kelas tinggi, n-gain. Skor.
Tidak tersedia versi lain