KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Narasi Ekspositoris di Kelas Tinggi
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Narasi Ekspositoris di Kelas Tinggi

Muhammad Pujo Sakti - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa kelas VA dalam menyampaikan informasi yang mereka dapatkan pada saat proses pembelajaran, dikarenan kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan informasi ke dalam bentuk tulisan. Pelaksanaan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model NHT serta mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan keterampilan menulis narasi ekspositoris. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang dilengkapi dengan pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi guru serta siswa dan juga dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA sebanyak 31 orang terdiri dari 19 orang laik-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes. Teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Model NHT untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris berpengaruh baik dan terjadi peningkatan pada setiap tindakan yang dilakukakan. Hasil peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai prasiklus 51,81 dengan ketuntasan klasikal 26% kemudian dilakukan tindakan dengan menerapkan model NHT siklus 1 mendapatkan rata-rata nilai 63,1 dengan ketuntasan klasikal 61% dan meningkat kembali pada tindakan siklus 2 dengan rata-rata nilai 75 dengan ketuntasan klasikal 84%. Hasil keterampilan menulis narasi ekspositoris juga dihitung menggunakan rumus gainskor memperoleh hasil 0,48 dengan kategori sedang.
Kata kunci : keterampilan menulis, model pembelajaran NHT, siswa kelas tinggi, n-gain. Skor.


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 78 MUH p 2019
KTI0004915
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 78 MUH p 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
xii+62 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran Tipe Numbered Head Together
Metode Pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Iis Nurasiah, M.Pd. ; Pembimbing II: Dyah Lyesmaya, S.S., M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?