KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa di Sekolah Dasar Kelas Tinggi
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa di Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Siti Hanny Safitri - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5.3 di SDN Cipanengah CBM Kota Sukabumi yang berjumlah 41 orang. Pengambilan data awal penelitian dilaksanakan pada bulan November 2018, sedangkan tindakan penelitian dilaksanakan pada bulan April–Mei 2019. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, keterampilan berpikir ilmiah siswa memperoleh skor klasikal sebesar 76 dengan kategori cukup ilmiah. Pada siklus II menunjukan bahwa keterampilan berpikir ilmiah siswa memperoleh ketercapaian skor klasikal sebesar 84 dengan kategori ilmiah. Penelitian ini membuktikan bahwa melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas 5.3 SDN Cipanengah CBM Kota Sukabumi tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Ilmiah, Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA SD


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 80 SIT p 2019
KTI0004917
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 80 SIT p 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
xii+73 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Metode Eksperimen
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Iis Nurasiah, M.Pd. ; Pembimbing II: Astri Sutisnawati, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?