Text
Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa di Sekolah Dasar Kelas Tinggi
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5.3 di SDN Cipanengah CBM Kota Sukabumi yang berjumlah 41 orang. Pengambilan data awal penelitian dilaksanakan pada bulan November 2018, sedangkan tindakan penelitian dilaksanakan pada bulan April–Mei 2019. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, keterampilan berpikir ilmiah siswa memperoleh skor klasikal sebesar 76 dengan kategori cukup ilmiah. Pada siklus II menunjukan bahwa keterampilan berpikir ilmiah siswa memperoleh ketercapaian skor klasikal sebesar 84 dengan kategori ilmiah. Penelitian ini membuktikan bahwa melalui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas 5.3 SDN Cipanengah CBM Kota Sukabumi tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Ilmiah, Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA SD
Tidak tersedia versi lain