Text
Pengaruh Media Kartu Kalimat terhadap Literasi Membaca Pemahaman Siswa di Kelas Rendah
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran
kartu kalimat terhadap literasi membaca pemahaman siswa di kelas rendah. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design.
Sampel penelitian ini yaitu kelas III.1 dan Kelas III.2 SDN Cipanengah CBM.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan tes yang terdiri dari pretest dan posttest.
Pembelajaran yang dilaksanakan di kelas eksperimen menggunakan media
pembelajaran, sedangkan pembelajaran di kelas kontrol tidak menggunakan media
pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan pokok bahasan
yang sama. Hasil perhitungan menunjukan kelas eksperimen memiliki nilai ratarata
hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata
nilai akhir dari kelas eksperimen sebesar 85 sedangkan kelas kontrol 78. Selain itu
hasil pengujian dari uji-t dua sampel independen menunjukan hasil sig. 0,001 yang
artinya nilai tersebut < dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan pada penggunaan media kartu kalimat terhadap literasi membaca
pemahaman siswa di kelas rendah memberikan pengaruh.
Kata Kunci : media kartu kalimat, literasi membaca pemahaman, kelas rendah
Tidak tersedia versi lain