Text
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Penggunaan Media Flanelgraf di Kelas Tinggi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penggunaan media Flanelgraf pada siswa di kelas tinggi SDN Cipanengah CBM Kota Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain model siklus John Eliot. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV 1 SDN Cipanengah CBM yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang dilengkapi dengan pengumpulan data berupa lembar observasi, hasil tes, hasil dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian pada pretes siswa yang memperoleh ketuntasan klasikal 10% atau sejumlah 3 orang siswa meningkat dan 90% atau 27 orang siswa belum meningkat, pada siklus I yang memperoleh ketuntasan klasikal 43% atau sejumlah 13 orang siswa dan 57% atau 9 orang siswa masih belum meningkat (belum tuntas) dan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 90% dan 10% atau tidak ada siswa yang tidak tuntas. Kesimpulan dari Penelitian ini bahwa penggunaan media Flanelgraf dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa di kelas IV-1 SDN Cipanengah CBM tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Media Pembelajaran, Flanelgraf
Tidak tersedia versi lain