Text
Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Media Cerita Bergambar di Kelas Rendah
Penelitian melalui media cerita bergambar bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan membaca nyaring di kelas rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jumlah siswa yang diteliti dalam penelitian ini adalah 26 siswa terdiri dari 15 Laki-laki dan 11 Perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar penilaian sikap dan test. Hasil penelitian menunjukan aktifitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 60 dengan kategori baik, siklus II memperoleh nilai rata-rata 92 dengan kategori sangat baik dan aktifitas siswa pada siklus I memperoleh nilai nilai rata-rata 62 dengan kategori baik, siklus II memperoleh nilai rata-rata 81 dengan kategori sangat baik sedangakan keterampilan membaca nyaring melalui media cerita bergambar pada kegiatan pra siklus memperoleh presentase 38% dengan kategori baik, pada siklus I memperoleh presentase 46% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 88% dengan kategori sangat baik. berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa di kelas rendah.
Kata kunci: Media Cerita Bergambar, Keterampilan Membaca Nyaring di Sekolah Dasar.
Tidak tersedia versi lain