KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Dede Risma Ginanjar - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan metode PQ4R. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Cikole Kota Sukabumi sebanyak 23 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar wawancara, lembar catatan lapangan dan tes keterampilan membaca pemahaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan II memperoleh nilai rata-rata 70 dan 88, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 68 dan 86. Hasil penelitian prasiklus memperoleh ketuntasan 30,43 %. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan 43,47%. Sedangkan pada siklus II hasil tes menunjukkan ketuntasan mencapai 82,60 %. Adapun peningkatan secara keseluruhan dengan perhitungan rumus N-Gain diperoleh skor 0,68 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas tinggi meningkat melalui penerapan metode PQ4R pada tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Metode PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman, Siswa Kelas Tinggi.


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 88 DED p 2019
KTI0004925
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 88 DED p 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
xv+87 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Metode Pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Din Azwar Uswatun, M.Pd. ; Pembimbing II: Arsyi Rizqia Amalia, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?