Text
Penerapan Metode Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan metode PQ4R. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Cikole Kota Sukabumi sebanyak 23 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar wawancara, lembar catatan lapangan dan tes keterampilan membaca pemahaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan II memperoleh nilai rata-rata 70 dan 88, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 68 dan 86. Hasil penelitian prasiklus memperoleh ketuntasan 30,43 %. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan 43,47%. Sedangkan pada siklus II hasil tes menunjukkan ketuntasan mencapai 82,60 %. Adapun peningkatan secara keseluruhan dengan perhitungan rumus N-Gain diperoleh skor 0,68 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas tinggi meningkat melalui penerapan metode PQ4R pada tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Metode PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman, Siswa Kelas Tinggi.
Tidak tersedia versi lain