KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Guided Writing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Metode Guided Writing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Hana Nurlatifah - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode guided writing. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi terhadap tindakan serta refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5B SDI Al-Azhar 7 Kota Sukabumi sebanyak 23 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 April s/d 14 Mei 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara, lembar observasi guru dan siswa, soal tes keterampilan menulis deskripsi, serta bukti dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara teknik kuantitatif deskriptif. Hasil observasi kinerja guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84 serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 18 poin. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82 serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 18 poin. Hasil penelitian pra siklus menulis deskripsi memperoleh ketuntasan 34,78%. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan 47,83%. Pada siklus II terus meningkat mencapai ketuntasan 82,61%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis deskripsi siswa kelas 5B meningkat melalui penerapan metode guided writing.
Kata Kunci : Guided Writing, Keterampilan Menulis Deskripsi, Sekolah Dasar Kelas Tinggi


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 90 HAN p 2019
KTI0004927
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 90 HAN p 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
xiii+74 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Metode Pembelajaran
Teks Deskripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Arsyi Rizqia Amalia, M.Pd. ; Pembimbing II: Din Azwar Uswatun, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?