Text
Penerapan Metode Guided Writing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode guided writing. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi terhadap tindakan serta refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5B SDI Al-Azhar 7 Kota Sukabumi sebanyak 23 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 April s/d 14 Mei 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara, lembar observasi guru dan siswa, soal tes keterampilan menulis deskripsi, serta bukti dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara teknik kuantitatif deskriptif. Hasil observasi kinerja guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84 serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 18 poin. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82 serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 18 poin. Hasil penelitian pra siklus menulis deskripsi memperoleh ketuntasan 34,78%. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan 47,83%. Pada siklus II terus meningkat mencapai ketuntasan 82,61%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis deskripsi siswa kelas 5B meningkat melalui penerapan metode guided writing.
Kata Kunci : Guided Writing, Keterampilan Menulis Deskripsi, Sekolah Dasar Kelas Tinggi
Tidak tersedia versi lain