Text
Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Menumbuhkankembangkan Nilai Demokratis di Kelas Tinggi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan menggunakan model pembelajaran role playing dan menumbuhkembangkan nilai demokratis di Kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VB SD Aisyiyah Kota Sukabumi terdiri dari 19 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi nilai demokratis, lembar angket, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dengan kategori baik dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 85 dengan kategori baik sekali. Sehingga perolehan nilai tersebut mengalami peningngkatan sebesar 14. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mempeoleh nilai rata-rata 68 dengan kategori baik dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 81 dengan kategori baik sekali. Sehingga perolehan nilai tersebut mengalami peningkatan sebsesar 13. Adapun perkembangan nilai demokratis siswa secara klasikal pada pra siklus memperoleh persentase rata-rata 39% dengan kategori lemah. Pada siklus I mengalami perkembangan mencapai 68% dengan kategori kuat, kemudian pada siklus II mengalami perkembangan mencapai 84% dengan kategori sangat kuat. Sehingga peningkatan yang terjadi dari pra siklus ke siklus I sebesar 29% dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan, model pembelajaran Role Playing dapat menumbuhkembangkan nilai demokratis di Kelas Tinggi.
Kata Kunci: model role playing, nilai demokratis, siswa di Kelas tinggi
Tidak tersedia versi lain