KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Menumbuhkankembangkan Nilai Demokratis di Kelas Tinggi
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Menumbuhkankembangkan Nilai Demokratis di Kelas Tinggi

Asti Nuraeni - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan menggunakan model pembelajaran role playing dan menumbuhkembangkan nilai demokratis di Kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VB SD Aisyiyah Kota Sukabumi terdiri dari 19 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi nilai demokratis, lembar angket, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dengan kategori baik dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 85 dengan kategori baik sekali. Sehingga perolehan nilai tersebut mengalami peningngkatan sebesar 14. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mempeoleh nilai rata-rata 68 dengan kategori baik dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 81 dengan kategori baik sekali. Sehingga perolehan nilai tersebut mengalami peningkatan sebsesar 13. Adapun perkembangan nilai demokratis siswa secara klasikal pada pra siklus memperoleh persentase rata-rata 39% dengan kategori lemah. Pada siklus I mengalami perkembangan mencapai 68% dengan kategori kuat, kemudian pada siklus II mengalami perkembangan mencapai 84% dengan kategori sangat kuat. Sehingga peningkatan yang terjadi dari pra siklus ke siklus I sebesar 29% dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan, model pembelajaran Role Playing dapat menumbuhkembangkan nilai demokratis di Kelas Tinggi.
Kata Kunci: model role playing, nilai demokratis, siswa di Kelas tinggi


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 95 AST p 2019
KTI0004932
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 95 AST p 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
xii+96 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Role-Playing
Metode Pembelajaran Role Playing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Arsyi Rizqia Amalia, M.Pd. ; Pembimbing II: Dyah Lyesmaya, S.S., M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?