Text
Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz terhadap Keterampilan Berbicara di Kelas Tinggi Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran team
quiz terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VI Sekolah Dasar pada materi
teks nonfiksi. Jenis penelitian ini berupa eksperimen semu (quasi-experimental)
yang didesain dalam bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group
Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas
V.1 dan kelas V.2 SDN Suryakencana CBM Kota Sukabumi. Instrumen yang
digunakan berupa tes, tes tersebut diberikan pada saat pretest dan posttest. Proses
pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran team
quiz sedangkan pada kelas kontrol tanpa menggunakan strategi pembelajaran team
quiz tetapi menggunakan strategi pembelajaran konvensional dengan metode
ceramah. Hasil analisis data penelitian yang telah di uji normalitas dan uji
homogenitas diperoleh dari nilai posttest. Terdapat perbedaan dari nilai rata-rata
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata
akhir sebesar 77,00 dan siswa kelas kontrol memiliki nilai rata-rata akhir sebesar
67,44, sehingga kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbandingan
sebesar 9,56. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian Uji T Dua Sampel
Independen menunjukan hasil signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf
signifikan (0,05), artinya terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara posttest
kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
strategi pembelajaran team quiz memiliki pengaruh terhadap keterampilan
berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: strategi pembelajaran team quiz, keterampilan berbicara, teks
nonfiksi.
Tidak tersedia versi lain