KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Inkuri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di Sekolah Dasar
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Inkuri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di Sekolah Dasar

Eva Nurhasanah - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui model pembelajaran inkuiri di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gunung Puyuh CBM Kota Sukabumi sebanyak 25 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes berupa pretest dan postest. Sedangkan teknik non tes berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian siklus I aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata 71 dan aktivitas siswa 64, siklus II diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru 80 dan aktivitas siswa 78. Pada pra siklus melalui tes indikator keterampilan proses sains, menunjukkan ketuntasan sebesar 12% atau 3 orang siswa. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 52% atau 13 orang siswa. Sedangkan pada siklus II, menunjukan ketuntasan mencapai 88%. Atau 21 orang siswa Adapun peningkatan secara keseluruhan dengan perhitungan rumus gain diperoleh skor 0.65 dengan kategori sedang. PTK ini menyimpulkan bahwa model inkuiri bisa diterapkan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa di sekolah dasar.
Kata kunci: Model Inkuiri, Keterampilan Proses Sains, Sekolah Dasar.


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 108 EVA p 2019
KTI0004945
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 108 EVA p 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
xiv+65 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Proses Sains
Metode Inkuiri
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Din Azwar Uswatun, M.Pd. ; Pembimbing II: Luthfi Hamdani, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?