Text
Determinasi Emosional Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Pelanggan pada Calysta Skin Care Clinic Kota Sukabumi
Calysta Skin Care Clinic adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang perawatan kecantikan wajah dan kulit. Calysta Skin Care Clinic. Calysta Skin Care Clinic adalah salah satu klinik kecantikan yang tersebar luas di berbagai kota-kota di Indonesia termasuk Kota Sukabumi. Calysta Skin Care Clinic sudah memperoleh nomor registrasi Badan POM 18161200816 dengan merk tedaftar CY-SKIN dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia. Produk Calysta Skin Care Clinic sudah melalui serangkaian riset ilmiah sehingga dapat dipastikan produk Calysta Skin Care Clinic aman bagi kulit. Permasalahan yang ditemukan yaitu adanya ketidak puasan pelanggan yang disebabkan oleh emosional merek dan kepercayaan merek.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui determinasi emosional merek dan kepercayaan merek terhadap kepuasan pelanggan. Metode Penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriftif dan asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan penulis menggunakan regresi linier berganda dimana untuk mengukur untuk meramalkan bagaimana keadaan (naik turunnya) variabel dependen, bila dua variabel independen sebagai faktor prediktor dimanipulasi (dinaik turunkan nilainya).
Berdasarkan hasil penelitian, hasil penelitian uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (R²) sebesar 0,603 diartikan bahwa pengaruh Emosional Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Pelanggan adalah 60,3% Sisanya 39,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dan berdasarkan uji koefisien korelasi ganda dilihat dari nilai R sebesar 0,606 menunjukan bahwa terjadi hubungan yang sangat kuat antara Emosional Merek dan Kepercayaan Merek dengan Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan uji f nilai probabilitas sig. 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa secara bersama-sama Emosional Merek (X1) dan Kepercayaan Merek (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan uji t menunjukan bahwa Emosional Merek (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), Kepercayaan Merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
Kata kunci : Emosional Merek, Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan.
Tidak tersedia versi lain